Meningkatkan Motorik Halus Melalui Mengambar

 

images

Mengambar adalah bentuk seni rupa yang menggunakan sejumlah alat untuk menandai media dua dimensi. Instrumen yang digunakan meliputi pensil grafit, pena dan tinta, tinta kuas, pensil warna lilin, krayon, arang, kapur, pastel, berbagai jenis penghapus, spidol, styluses, berbagai logam (seperti Silverpoint) dan gambar elektronik. Seorang seniman yang praktek atau bekerja di gambar teknik dapat disebut drafter atau seorang juru.

Sedikit atau sejumlah kecil bahan dilepaskan ke permukaan, meninggalkan tanda yang dapat terlihat. Dukungan yang paling umum untuk menggambar adalah kertas, meskipun bahan lain, seperti karton, plastik, kulit, kanvas, dan papan, dapat digunakan.

Gambar sementara dapat dibuat di papan tulis blackboard atau whiteboard bahkan memang menggambar bisa dilakukan pada berbagai hal. Media ini telah menjadi sarana populer dan mendasar dari ekspresi publik sepanjang sejarah manusia. Ini adalah salah satu cara yang paling sederhana dan paling efisien mengkomunikasikan ide-ide visual. Ketersediaan macam instrumen menggambar membuat gambar salah satu kegiatan seni yang paling umum.

Menggambar adalah salah satu bentuk utama ekspresi dalam seni visual. Hal ini umumnya berkaitan dengan tanda garis dan bidang nada ke dalam kertas, di mana representasi akurat dari dunia visual dinyatakan di atas bidang. Gambar tradisional adalah gambar yang monokrom, atau setidaknya memiliki sedikit warna. Sementara gambar berwarna-pensil yang modern dapat mendekati batas antara menggambar dan melukis.

Dalam terminologi Barat, menggambar berbeda dengan melukis, meskipun media yang sama sering digunakan dalam keduanya. Media kering, biasanya terkait dengan gambar, seperti kapur, dapat digunakan dalam lukisan pastel.

Menggambar dapat dilakukan dengan media cair melibatkan pengaplikasian cat cair ke kanvas, diterapkan dengan kuas atau pena.

Dalam bidang di luar seni, gambar teknis atau rencana bangunan, mesin, sirkuit dan hal-hal lain yang sering disebut “gambar” bahkan ketika telah dipindahkan ke media lain dengan cara dicetak. Gambar mentah disebut juga sketsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s